PENGARUH EDUKASI GEMPA BUMI DENGAN METODE POP UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SDN 1 BANDUNGREJO,BANTUR

Authors

  • Anisa Bela Septia Marini anisabela S1 Keperawatan

Keywords:

Edukasi Bencana, Gempa Bumi, Metode Pop Up Book

Abstract

Bencana ialah sekumpulan peristiwa yang membahayakan dan mengganggu kehidupan manusia, seperti gempa bumi. Kesiapsiagaan untuk merespons bencana secara tepat sangat penting untuk meminimalkan dampaknya. Sekolah dasar ialah salah satu jenjang pendidikan yang memiliki kerentanan tinggi terhadap ancaman bencana. Di antara berbagai jenis bencana, gempa bumi menjadi faktor yang paling memberi dampak signifikan terhadap proses pendidikan. Upaya mengurangi adanya resiko yang muncul saat adanya bencana sangat krusial, secara khusus terkait gempa bumi, mengingat tingkat pemahaman anak usia sekolah masih terbatas dan mereka termasuk kelompok yang paling rentan. Riset berikut dilakukan untuk menilai dampak pemberian edukasi tentang gempa bumi melalui media buku pop up atas pengetahuan siswa SD. Pendekatan yang diterapkan ialah kuantitatif dengan rancangan eksperimen pra-eksperimental menggunakan desain pretest-posttest tanpa kelompok kontrol. Penelitian melibatkan 48 siswa sebagai sampel dengan metode total sampling. Hasil analisis mengindikasi terdapat perbedaan yang signifikan, dibuktikan dengan nilai p-value senilai 0,001. Temuan ini diperkuat dengan nilai sum of rank senilai 903,0. Uji Wilcoxon Signed Rank Test mengindikasi p-value 0,001 < α (0,05). Dengan demikian, bisa diambil sebuah simpulan bahwasanya edukasi gempa bumi menggunakan buku pop up berdampak positif didalam mendorong peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar sekaligus meningkatkan kesiapsiagaan mereka terhadap bencana.

References

Fadlilah, S., Rahil, N. H., Baili, A. U. L., & Amestiasih, T. (2022). Upaya Menigkatkan Kesiapsiagaan Karwayan Menghadapi Gempa Bumi Sebagai Salah Satu Program Kampus Siaga Bencana. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 272–280.

Koss, M. D. (2015). Diversity in Contemporary Picturebooks: A Content Analysis. Journal of Children’s Literature, 41(1), 32–42.

Maharani, N. (2020). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Provinsi Bali. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 32–38. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.32-38

Rahayu, A. M., & Endiyono. (2023). Pengaruh Edukasi Gempa Bumi dengan Media Buku Pop Up Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Usia Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 311–317.

Sudarta. (2022). 済無No Title No Title No Title. 16(1), 1–23.

Yustisia, N., APRILATUTINI, T., & UTAMA, T. A. (2019). Pengaruh Simulasi Menghadapi Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Sdn 86 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 32–38. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.888

Submitted

2025-08-19

Accepted

2025-10-25

Published

2025-10-25

How to Cite

anisabela, A. B. S. M. (2025). PENGARUH EDUKASI GEMPA BUMI DENGAN METODE POP UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SDN 1 BANDUNGREJO,BANTUR. IJENS: INDONESIAN JOURNAL OF EMPIRICAL NURSING SCIENCES, 2(1). Retrieved from https://ijens.itsk-soepraoen.ac.id/index.php/ijens/article/view/44